book#pertemuan pertama 7 September 2015

Pembuatan kontrak kerja pada awal perkuliahan sangatlah penting dilakukan, begitupun oleh mata kuliah TI dalam BK kali ini. Selain kontrak kerja, sistem penilaian juga dipaparkan dengan jelas agar terjadinya transparansi penilaian oleh dosen. Pada mata kuliah ini, nilai akhir akan diambil dari (1) nilai tugas (2) nilai portofolio (3) presensi kehadiran (4) nilai UAS.

Teknologi informasi diaplikasikan pada bidang bimbingan dan konseling guna membantu konselor dalam proses pemberian bantuan kepada konseli. Konselor yang baik dituntut untuk memiliki kompetensi konselor sebagai berikut :

  1. memahami konseli secara mendalam
  2. menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang memandirikan
  3. memiliki pengetahuan dan keterampilan bimbingan dan konseling
  4. mengembangkan profesionalitas berkelanjutan

Untuk memenuhi kompetensi tersebut maka sangatlah diperlukan kemampuan penguasaan teknologi informasi dalam BK terutama untuk pemahaman individu secara mendalam. Dengan adanya teknologi informasi dalam BK, konselor dapat menyimpan data konseli dengan baik dan benar serta dapat mempermudah konselor untuk mencari kembali data yang telah disimpannya.

Tugas pertama pada pertemuan pertama : membuat artikel tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam layanan bimbingan dan konseling

  1. pemanfaatan teknologi informasi untuk assesmen konseling
  2. pemanfaatan teknologi informasi untuk layanan bimbingan dan konseling
  3. pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang perkuliahan s1 bimbingan dan konseling
  4. pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan profesionalitas konselor

#pertemuan kedua 14 September 2015

Pada pertemuan kedua kali ini mahasiswa diminta membuat blogs.uny.ac.id. Dalam blog ini akan diisi dengan semua aktivitas perkuliahan TI dalam BK serta tugas-tugas yang telah diberikan oleh dosen.

Selanjutnya mahasiswa diberikan tugas manajemen file. Tidak hanya sekedar mendiskripsikan manajemen file akan tetapi juga harus dipraktikkan pada laptop mahasiswa masing-masing itu sendiri. Seperti biasa, tugas ini akan diupload pada blog yang telah dimiliki oleh para mahasiswa. Kalau mau lihat-lihat tugas manajemen file saya lihat postingan sebelumnya yaaa 🙂