IMG_3852

Benar memang kata mas gun , Kurniawan Gunadi, penulis buku hujan matahari. Setiap orang yang kembali dalam kesunyian dan kesendiriannya akan menjadi dirinya sendiri. Segala keresahan itu akan datang, kekhawatiran itu akan muncul, dan air matanya yang tak pernah kau lihat itu akan mengalir sejumlah banyaknya huruf yang dia tulis, mungkin lebih banyak.

Kehidupan ini tidak akan membiarkanmu bebas dari masalah, Dia ingin mendewasakanmu dengan mendatangkan masalah. Bahkan bila perlu masalah akan mengiringi di setiap langkah kakimu berpijak. Tapi jangan khawatir, kau tahu nabi Nuh bukan ? Beliau ditimpa penyakit bertahun-tahun lamanya bahkan istri dan keluarganyapun pergi meninggalkannya. Dengan sabar dan sholat Beliau mampu melewati ujian demi ujian yang dihadapkan di depannya. Masih ada sang maha segalanya yang akan menegakkan kembali keyakinanmu akan masalah.

Tidak semua orang yang terlihat bahagia, tersenyum kepada semua orang, aktif dalam berbagai kegiatan positif ia tidak memiliki masalah. Bisa jadi ia sedang memikul masalah yang berat dalam hidupnya.beautiful-book-coffee-cold-Favim.com-2418662

Penyakit yang mengganggu sujudnya, mengganggu tidurnya, mengganggu aktifitasnya setia menemani. Perekonomian keluarga yang sedang mengalami kesulitan memaksa untuk berhemat, sedang penyakitnya harus diperiksakan. Orang tua yang kurang harmonis semakin menambah beban pikirannya. Belum lagi tugas kampus dan organisasi yang selalu mengejar waktu istirahatnya. Masa-masa sulit itu perlahan mulai pergi, penyakit yang dulunya sangat terasa sakit kini sudah tidak terasa, perekonomian keluarga memang belum setabil akan tetapi patut untuk disyukuri, sedang orang tua sudah mulai harmonis lagi.

Seperti yang sudah menjadi rahasia umum bahwa hanya sabar dan sholat yang mampu menolong dalam setiap masalah yang sedang dihadapi. Terkadang menyimpan masalah sendiri memang dibutuhkan , hanya untuk menenangkan pikiran.