3858123744_tumblr_mdwcsuKnIJ1qf7mj1o1_500_xlarge

Aku tidak pernah meminta untuk terlahir sebagai anak tunggal, namun ini sudah menjadi skenario Tuhan untuk kehidupanku. Menjadi anak tunggal yang dikenal manja, egois, dan mempunyai orang tua yang protektif tidak pernah aku sesali.

Menjadi anak tunggal membuatku mudah mendapatkan apa yang aku inginkan dari orangtuaku bahkan sekalipun aku tidak meminta mereka akan berusaha memberikan yang terbaik untukku dan aku sudah terbiasa dengan kecukupan yang ada. Perhatian dan kasih sayang yang lebih dari kedua orangtuaku membuat aku menjadi sosok perempuan manja. Perempuan yang tidak bisa berlama-lama jauh dari orangtuaku. Jangan heran kalau aku sering ingin pulang dari perantauan ini, jangan heran juga kalau pada akhirnya aku ingin selalu tinggal dengan mereka selamanya.

Tapi, menjadi anak tunggal juga menjadi sebuah beban tersendiri untuku. Semua harapan kedua orangtua hanya aku yang bisa mewujudkannya, ya karena hanya aku satu-satunya harapan mereka. Manja memang, tapi aku selalu berusaha keras untuk memenuhi semua harapan orangtuaku. Aku selalu berusaha menjadi yang terbaik hanya karena satu alasan, yaitu membuat mereka bangga kepadaku.

Meskipun aku mudah mendapatkan apa yang aku inginkan dari orangtuaku namun semakin dewasa aku semakin tidak menuntut lebih dari mereka. Keberadaan mereka sudah cukup untukku. Aku tidak ingin membiarkan mereka bekerja lebih keras lagi diusianya yang senja. Aku ingin menggantikan posisi mereka untuk mencari penghasilan. Bahkan hingga saat ini alasan aku ingin bekerja hanya karena orangtuaku. Aku tidak mengharapkan kekayaan untuk diriku sendiri, aku hanya berharap semoga orangtuaku di usianya yang senja dapat hidup dengan serba kecukupan lebih dari apa yang aku nikmati sekarang ini.

Satu hal yang pasti dari anak tunggal, aku sudah terbiasa sendiri dan merakan sepi. Aku sudah terbiasa dengan kesendirian. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba aku menangis di keramaian, karena aku sudah cukup puas menangis dalam kesunyianku selama ini.

Semoga kelak ada orang bijak yang mengerti dan memahami kelakuan anak tunggal satu ini 😀