learn

 

Menjadi mahasiswa bimbingan dan konseling entah mengapa menjadikanku semakin peka terhadap permasalahan pribadi. Dulu, repress adalah jurus paling ampuh untuk mengatasi masalah. Tapi kini tidak. Sekarang, kami dipaksa kembali mengingat masalah kami, dipaksa mengerti masalah kami sendiri sebelum mengerti permasalahan orang lain.

Mengungkit luka lama memang sakit, tapi ini adalah proses belajar. Proses dimana kita tidak harus melupakan masa lalu. Kita hanya butuh sedikit waktu untuk memaafkan.

Bukankah memaafkan diri sendiri lebih sulit dari pada memaafkan orang lain ?

Ya, aku paham betul soal itu.

Memaafkan diri sendiri butuh proses lebih panjang. Butuh usaha lebih keras. Butuh pencarian. Pencarian terhadap makhluk yang bernama “ikhlas”.

Bagaimana caranya bertemu ikhlas ? dimana ikhlas berada ? masih jauh kah ? atau dekatkah ? kemana aku harus mencari ikhlas ?

Begini, ikhlas tidak akan muncul begitu saja jika kita hanya berdiam diri meratapi nasib buruk kita. Ia tidak akan muncul jika kita masih menjadi pribadi yang sama seperti sebelumnya. Ia menunggu kita untuk berubah. Untuk berhijrah. Aku rasa, menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif lama-lama akan mendekatkanmu dengan ikhlas. Bukan kegiatannya yang kita cari, tapi orang-orang baru dan tempat-tempat baru.

Tempat baru, suasana baru, tidak menutup kemungkinan kita menemukan ikhlas, sebut saja tadabbur alam. Terkadang memang perlu kita menghilang dari rutinitas kita. Pergi tanpa tujuan. Nikmati saja perjalanannya. Melihat betapa baik Allah yang telah levitra information memberikan tempat untuk kita. Betapa baik Ia yang mau menerima kita di bumi. Lalu masih mau mengumpat diri sendiri ? masih mau membenci diri sendiri ?

tumblr_mzo33i9QdW1qz8kkno1_500

Siapa tau, kita dipertemukan dengan orang-orang yang memberikan kita inspirasi, memberikan kita motivasi dengan kehidupannya. Memberikan pelajaran tentang bagaimana berat hidup yang telah ia jalani, sedang kita mengeluh dengan permasalahan kecil. Siapa tau orang yang mengajarkan mu tentang ikhlas ada di dekatmu. Siapa tau orang itu orang itu kamu ?

Kita akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama dengan kita bukan ? ketika kita berniat untuk berhijrah, bukankah kita akan bertemu dengan orang-orang yang juga dalam perjalanan berhijrah ? yakin saja, skenario Allah adalah yang terbaik. Kita hanya diminta menjalani hidup dengan lebih produktif lagi. Agar kita bisa mendapat kebaikan-kebaikan dari-Nya. Produktif ya Muslimah !