analisis

langkah pertama yaitu membuat daftar prestasi belajar masing-masing siswa. kita sebagai seorang guru

viagra priapisme BK di sekolah, dapat mengetahui dengan mudah bagaimana kondisi nilai siswa. daftar nilai tersebut kita peroleh dari wali kelas yang bersangkutan sehingga datanya dapat dipastikan benar. nilai yang masih di bawah KKM kita beri tanda merah. jika kita temukan ada siswa yang memiliki nilai di bawah KKM maka kita wajib membantu siswa tersebut mendapat bimbingan tambahan. bimbingan tersebut dapat dilakukan dengan bekerjasama bersama guru mata pelajaran yang bersangkutan.

analisis

langkah selanjutnya adalah membuat grafik per mata pelajaran. sehingga mempermudah kita mengetahui kondisi tiap mata pelajaran.

Untitled

dan langkah terakhir adalah membuat laporan individual prestasi belajar. di dalam laporan individual terdapat identitas siswa, nilai per mata pelajaran serta mata pelajaran yang membutuhkan bimbingan lanjutan jika ada.

diagnosis kesulitan belajar ini sangat penting untuk dilakukan oleh guru BK agar siswa yang memiliki kesulitan belajara dapat segera dibimbing oleh guru. semakin cepat proses pembimbingan maka semakin kecil kemungkinan siswa terlarut dalam kesulitan belajar yang mereka hadapi.